Kamis, 13 Januari 2011

JURAGAN KUDA PACU DARI KEBUMEN

         Anwar Efendi, juragan kuda asal kebumen,  Jawa Tengah, yang sukses menjadi peternak kuda pacu silang import dengan lokal indonesia. Sekarang ia mempunyai 16 ekor kuda pacu.
         Berawal dari hobi dan kecintaan pada dunia berkuda lelaki berumur 62 tahun tersebut, sukses menjadi peternak kuda pacuan, Anwar bisa mencukupi dan menyekolahkan kelima anaknya hingga Sarjana. Ia sudah melakoninya selama 8 tahun. Banyaknya relasi di olahraga berkuda, pemanfaatan kuda lokal dan perkawinan persilangan merupakan alasannya terjun di bisnis ini.
         Dengan dibantu 5 karyawan, usahanya terus berkembang, bahkan ia mampu mengimport kuda pacu pejantan dari luar negeri seperti Amerika, Inggris, Australia dan Saudi Arabia. Cara beternak silang kuda dengan cara tradisional, tidaklah sulit. Proses perkawinannya, kuda betina bila ada tanda-tanda birahi atau nafsu, di mandikan hingga bersih untuk menarik nafsu seks kuda pejantan dan di bawah kekandang terbuka.
         Kuda betina diajak jalan – jalan untuk melemaskan otot - ototnya . Hal ini, untuk menghindari kram kaki terutama di posisi depan. Sementara kuda pejantan diikat dengan tali yang cukup panjang. karena, kuda pejantan biasanya kalau kawin galak dan tidak mau terganggu. Usai diikat kuda penjantan, di mandikan terutama di alat vitalitas untuk menghindari bakteri dan menjaga sperma lebih steril sehingga menghasilkan kuda pacu yang cukup bagus. Kuda pejantan dilepas di kandang bersama kuda betina sehingga terjadi perkawinan yang cukup singkat. Hasil perkawinan, kuda betina membuahkan janin atau hamil dan di masukan ke dalam kandang. Selang 11 bulan hingga satu tahun, kuda betina melahirkan seekor anak kuda. Setelah mencapai umur 3 s/d 5 bulan, anak kuda siap dijual.
         Sekarang Anwar sudah bisa memetik buahnya, kuda – kuda dengan harga selangit memenuhi kandangnya. Harga kuda – Kuda Anwar juga lumayan mahal karena sudah beberapa kali menang dalam kejuaraan.
          Agung Ari
153070112 / Straight news

Tidak ada komentar:

Posting Komentar