Minggu, 17 Oktober 2010

Kuda Lokal tak kalah bagus dengan Kuda Import


Di samping lebih murah harganya kuda lokal masih jadi favorit bagi para pemilik kuda maupun joky kuda di Indonesia. Selain itu kualitas kuda lokal lebih garang di arena pacuan kuda. Kuda lokal memiliki kelebihan dibagian leher dan kaki,leher kuda lokal lebih besar daripada kuda import. Kaki kuda lokal lebih kuat dibandingkan kuda import, kuda import memiliki kaki yang lebih panjang dan cenderung lebih lunak sehingga gampang tergerus apabila berlari di arena yang keras,  sedangkan kuda lokal walaupun kakinya tidak sepanjang kuda import tapi memiliki kuku yang kuat dank eras karena sudah terbiasa dengan geografis Indonesia dan mudah beradaptasi dengan arena pacuan. Karena rata-rata arena pacuan kuda di Indonesia adalah tanah yang keras dan penuh dengan batu-batu kecil sedangkan arena pacuan kuda di luar negri misalnya Australia / Amerika, tanahnya lebih gempur bahkan ada arena rumput.

Kuda lokal di Indonesia biasanya berasa dari bumi timur Indonesia, seperti Sumbawa, Kupang, Minahasa. Karena iklim panas di Indonesia timur membuat kuda-kuda disana lebih kuat dan besar. Berbeda dengan Kuda Import, kuda import biasanya di datangkan dari Australia dan New Zeland. Iklim disana lebih sejuk ketimbang Indonesia,jadi kuda import dari Australi susah untuk beradaptasi dengan iklim di Indoneisa dan arena pacuan kudanya. Itu merupakan salah satu faktor yang menjadi alasan bagi pecinta kuda di Indonesia lebih memilih kuda lokal dari Sumbawa dan sekitarnya.

1 komentar:

  1. Salam saudara,
    Saya ingin memiliki kuda dari Indonesia khususnya
    kuda dari daerah Sumbawa, Kupang atau Minahasa, bagaimana untuk membelinya dan biasa harganya bagaimana. Boleh bagi tahu contoh harganya dan cara untuk membawa masuk Malaysia.
    Terima kasih.

    BalasHapus