Minggu, 09 Januari 2011

Kuda Liar Lebih Kebal Penyakit, Daripada Kuda Domestik



Di dunia perkudaan, kuda liar di kenal lebih kebal dan kuat di banding kuda domestik ( kuda pacu,kuda andong dll ). Kuda domestik lebih rentan terkena penyakit di banding dengan kuda liar padahal kuda domestik mendapatkan perawatan khusus dari majikannya. kuda liar tidak ada penyakit kuku seperti yang sering dialami oleh kuda domestik, seperti kuku yang retak-retak, sol lembut dan segitiga lembek. Selain penyakit kuku, penyakit yang sering dialami kuda domestik seperti kolik, diare, pilek, artritis di dunia kuda liar sama sekali tidak pernah terjadi.
Bagaimana bisa, kuda yang setiap hari kita rawat dengan penuh kasih sayang, serta diberikan kandang yang mewah justru sering terkena penyakit.padahal kuda liar sama sekali tidak pernah dirawat, tetapi justru memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit yang lebih baik daripada kuda domestik.

Hal ini adalah dampak dari kebutuhan dasar kuda yang tidak dipenuhi oleh si pemilik kuda. Kebutuhan dasar tersebut meliputi :
  • Kuda biasa hidup berkelompok 
  •  Makan rumput siang sampai dengan malam
  •  Bergerak sepanjang waktu secara leluasa

Ketiga hal tersebut yang tidak dilakukan oleh para peternak atau pemilik kuda pada saat ini. Mereka sangat memanjakan kuda-kudanya mulai dari pemberian pakan hinggan perawatan. Ternyata hal inilah yang membuat si kuda menjadi “rapuh” kekebalan tubuhnya.

Hadid Hajarachman ( 153070113 )
Opini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar